30 December 2008


Chronometer


Mungkin kita pernah melihat Arloji yang pada dialnya tertulis Chronometer atau Chronometer Officially Certified, selain itu banyak juga orang yang menyamakan chronograph dengan chronometer (padahal ke dua hal ini sangat berbeda dan tidak ada hubungannya), tetapi apa itu sebenarnya Chronometer?

Chronometer berasal dari bahasa Yunani chronos+metron yang artinya pengukuran waktu, swiss chronometer adalah jam (biasanya arloji mekanis), yang ketepatanya sudah di tes dan diverifikasi oleh lembaga resmi swiss, chronometer adalah simbol dan pengukuhan bahwa arloji tersebut memiliki kualitas yang baik.

Untuk mendapatkan sertifikat chronometer, arloji harus melewati beberapa tes rumit yang dilakukan selama 15 hari siang dan malam tanpa henti, keakuratan arloji tersebut akan diperiksa pada lima posisi dan temperatur yang berbeda dengan menggunakan kamera dan komputer yang akan menganalisa data, kegagalan dalam memenuhi standar minimum akan mengakibatkan mesin tersebut harus ditolak untuk mendapatkan sertifikat chronometer.
Tes ini dilakukan oleh COSC (Controle Officiel Suisse des Chronometeres).
Pabrikan arloji akan mengirimkan mesin-mesin terbaik mereka untuk mendapatkan sertifikat chronometer.
Saat dikirimkan kelembaga ini, arloji tersebut belum terpasang pada casingnya hanya mesin saja (jika dinyatakan lolos baru pabrikan jam akan memasangkan casingnya), ada 3 lokasi COSC yaitu di Geneva, Bienne dan Le Locle.

Swiss sdh melakukan tes chronometer sejak tahun 1878 dan COSC yang ada sekarang baru berdiri tahun 1973.

Rolex sekarang ini merajai peraihan sertifikat chronometer terbanyak. Sebagai gambaran, pada tahun 1995 saja 83% certifikat chronometer yang dikeluarkan COSC diberikan kepada Rolex, ke-2 adalah TAG Heuer, ke -3 Omega dan ke-4 Cartier dan ke-5 Bulgari.

Jadi jika anda memiliki Arloji yang bertulisan Chronometer , maka anda patut berbangga, itu artinya Arloji tersebut sudah melewati tes keakuratan yang diadakan oleh lembaga resmi COSC, karena tidak semua mesin mekanis bisa secara sembarangan mencantumkan tulisan Chronometer pada dial-nya, jika belum melalui serangkaian tes yang sangat teliti dan mendapatakan sertifikat, tapi mungkin cerita akan sedikit berubah jika, ternyata jam anda sudah pernah mengalami kerusakan dan tidak akurat lagi, tapi saya rasa jangan terlalu kawatir, yang penting tulisan Chronometer pada Arloji anda tetap akan ada di dialnya.