23 January 2010

Jam Solvil buatan 1942 SANGAT ANTIK, LANGKA












Ini adalah jam tertua yang pernah saya dapatkan kemungkinan buatan tahun 1942, ini saya simpulkan sendiri berdasarkan ukiran yang terdapat pada bagian dalam kerangka jam yang tertulis "42"

Ini semakin menguat ketika saya browsing di internet dan menemukan bahwa design jam seperti ini adalah buatan sebelum tahun 50-an, berdasarkan bentuk, model jarum "feuille/Foglia"(CMIIW) yang sangat klasik

Saya semakin penasaran untuk melihat dalamannya, hemm........... mesin yang cantik dan masih terlihat bersih, dengan ukiran Paul Ditisheim Swiss dan nomor seri mesin diatasnya.

Jam ini sangat menarik karena jarum detiknya ada di posisi jam 6 dengan ukuran yang sangat kecil dan masih bergerak dengan baik.

Mengagumkan karena di usia yang sudah tua, jam masih berfungsi dengan normal, dengan jarum-jarum yang masih original, kaca yang belum pernah diganti, berfungsi dan bergerak dengan normal.

Saya tidak tau mengenai rantai apakah asli atau tidak, tetapi terus terang rantai seperti ini baru sekali ini saya temukan, ukurannya sangat panjang, pengaturan kekencangannya hanya dengan mengaitkan pengaitnya ke salah satu sela yang ada di sepanjang rantai.

Saya juga blm tau mengenai knop apakah asli atau tidak, tetapi pengaturan jam dan manual wind berfungsi dengan baik

Mereknya "SOLVIL"dengan tulisan Paul Ditisheim Geneva dibawahnya.

Siapakah Paul Ditisheim? berikut keterangan yang bisa saya dapatkan dari internet

"Paul Ditisheim watches are highly sought after by collectors. Wrist watch collectors especially prize his platinum and diamond watches from the 1920s/30s while pocket watch collectors go for his high-grade chronometers. Paul Ditisheim was born in 1868 and received his diploma from the Horological School of La Chaux de Fonds when he was 13. He then worked for several of the major watch makers until he left his father’s company (Vulcain) in 1892 when he founded both Solvil and Titus. Most items signed Solvil also were signed Paul Ditisheim while Titus was generally marked separately.

Paul Ditisheim developed many improvements for chronometers through his studies on how atmospheric pressure and magnetic fields impacted the performance of chronometers as well as the use of different watch oils. He invented the affix balance and his pieces won many time trials, including the 1903 Kew Observatory contest. His historical significance to watch-making is in this, the realm of the chronometer.

Paul Ditisheim died in 1945, but his commitment to technical excellence and design continued for decades under the names Titus and Vulcain"


Kondisi dan Deskripsi:
-Manual wind/putaran
-Jarum-jarum, body, plat original
-Berfungsi dengan baik, baik jam dan jarum detik di angka 6
-Diameter 22mm belum putaran
-Buatan 1942
-Kaca asli
-Langka, antik dan sangat jarang.

Harga Rp.6.750.000
sms 021 503 55567