05 August 2009

Semua Tentang Arloji (Part 1)

Begitu banyak hal yang bisa kita pelajari dari sebuah arloji, bukan hanya sekedar penunjuk waktu, tetapi aspek lain, yang sulit habisnya jika ingin diperdalam.

Pernahkah terpikirkan oleh kita jika plat/dial pada setiap jam bisa terbuat dari bahan yang berbeda, ada yg dari kuningan, silver, emas, plastik, atau materi lainnya?

Pernahkan terpikirkan oleh kita jika hands/jarum jam itu juga terbuat dari bahan yang berbeda-beda, ada merk terkenal yang membuatnya dari emas (walaupun sebenarnya bahan ini, lebih mudah berubah bentuk atau tergores dibandingkan bahan lain saat jam diservice), ada juga yang terbuat dari logam biasa, maupun logam lain tetapi dilapis emas/silver, pemilihan bahan ini bisa jadi karena tradisi yang sudah berjalan dari dulu oleh merek tsb, atau bisa juga untuk meningkatkan nilai dari sebuah arloji.

Pernahkah kita mengetahui jika kaca jam/cristal penutup jam itu ada yang terbuat dari kaca, atau kristal mineral seperti sapphire, atau hadlex yang merupakan bahan khusus buatan sebuah merek, atau mungkin terbuat dari acrilic, yang mempunyai kelemahan dan keunggulan masing-masing menyesuaikan design jam yang diciptakan khusus utk medan tertentu.

Tahukan kita jika kaca penutup jam itu ada yang berbentuk seperti kubah ada juga yang datar?masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan, salah satunya mempengaruhi penampilan dari plat/dial, selain itu berpengaruh terhadap kekuatan materi penutup atas jam tersebut

Tahukah kita, jika ada jam mekanis yang semua bagiannya terbuat dari plastik?termasuk gear-gear yang ada didalamnya, tetapi ternyata terobosan baru itu tdk mendapatkan tanggapan yang luar biasa.

Pernahkan kita memperhatikan bahwa potongan mesin pada jam swiss terlihat sangat halus, jejak potongan dari mesin tdk terlihat kasar...sedangkan jam-jam jepang banyak yang masih terlihat kasar potongannya.

Tahukan kita jika tidak semua pabrikan jam membuat sendiri mesinnya, tetapi justru memesan dari pabrik mesin jam, lalu mereka hanya melakukan sedikit modifikasi seperti mencantumkan merek pada mesin tersebut.

Tahukah kita jika salah satu merek jam, menyarankan penggunanya untukmengganti seal secara rutin setiap 3 tahun sekali khususnya untuk jam renang/diver.

Apakah kita sdh merendam di air bersih semalaman untuk jam diver yang baru digunakan berenang di laut?