21 March 2009

Daftar Jam terumit didunia

Semakin banyak fungsi pada sebuah mesin, maka semakin rumitlah jam itu, bukan hanya sekedar fungsi penunjuk hari dan tanggal seperti yang ada pada jam umumnya.
Dari waktu ke waktu para ahli terus berusaha untuk menciptakan fungsi dan tingkat kerumitan paling tinggi dari yang belum pernah diciptakan, tantanganya adalah sampai berapa banyak fungsi yang bisa ditampung oleh sebuah mesin jam, dengan ukuran wadah yang sangat terbatas itu? sebagai gambaran untuk fungsi perpetual calender saja dibutuhkan sekitar 100 part tambahan, untuk turbilion dibutuhkan 60-70 part tambahan lainya, jadi bisa dibayangkan ada berapa part yang terdapat pada jam mekanis jika didalamnya ada 33 fungsi???

Beberapa jam yang dikategorikan jam ultra rumit diciptakan pabrikan jam tertentu memang karena pesanan seorang kolektor berat dan pengagum jam mekanis, ada yang memang diciptakan untuk menandai moment-moment tertentu.
Mari kita lihat diantaranya.
Jam Marie Antoinette

Jam ini dibuat oleh Brequet untuk ratu Prancis Marie Antoinette yang baru selesai dibuat tahun 1827, pada jam ini terdapat semua fungsi yang sudah ada pada masanya, diantaranya:minute repeater, perpetual calender, indikator energi jam yang tersisa dan fungsi lainya.
Jam ini hilang dicuri, hingga sekarang belum ditemukan dan masih menjadi salah satu misteri terbesar di dunia jam.

Jam Leroy 01
Jam ini dibuat tahun 1904, dan didalam mesinya tertanam antara 20-25 fungsi.

Jam Henry Graves
Jam ini dibuat oleh Patek Philippe di tahun 1927 atas pesanan seorang bankir kenamaan yang juga penggemar jam buatan Patek Philippe, Henry Graves
Pada jam ini terdapat 24 fungsi

Jam Calibre 89
Lagi-lagi, jam ini dibuat oleh Patek Philippe ditahun 1989, hingga detik ini, masih belum ada yang mengalahkan jumlah fungsi yang tertanam didalamnya 33 fungsi!!

Jam-jam yang disebutkan diatas merupakan jam yang berbentuk jam kantong

Untuk jam tangan
Jam "Tour de l'ile"
Arloji ini buatan Vacheron Constantine di tahun 2005 dalam rangka perayaan ke-250 tahun Vacheron Constantine, untuk kategori Arloji masih belum ada yang mengalahkan dan dikenal dengan sebutan "Jam tangan dengan dua permukaan terumit didunia"artinya kesemua fungsi itu terdapat di bagian atas dan bawah arloji ini.
Mesinnya tersusun atas 834 part dan ke dua permukaan arloji ini terdapat 16 fungsi.

Entah sampai kapan akhirnya para ahli jam tersebut akan sampai pada titik dimana mereka tidak bisa lagi menambahkan satu part terkecil-pun pada sebuah mesin karena sudah tidak ada space lagi pada wadah yang sangat terbatas itu, mungkin selain dimana keberadaan jam Marie Antoinette, hal ini juga masih menjadi salah satu misteri terbesar didunia jam.