14 March 2009

Keindahan Arloji Mekanis (dari sudut pandang pribadi)





Apa yang membedakan arloji mekanis dengan arloji quartz ataupun kinetik.

Dulu juga saat saya masih kecil, saya tidak mengetahui apa itu jam mekanis, hingga suatu hari saya tanpa sengaja menemukan arloji kakek yang kemudian saya bongkar dan terheran-heran, karena tidak menemukan baterai didalamnya, yang saya temukan hanya sebuah lingkaran kecil aneh yang berputar bolak-balik berlawanan arah dan menempel diatasnya sebuah per setebal rambut manusia berbentuk seperti obat nyamuk bakar, dan beberapa gear yang sangat kecil dan halus, sejak saat itu saya jatuh cinta dengan arloji mekanis dan mulai meninggalkan jam-jam baterai yang saya miliki.

Saya juga agak yakin, kalau masih sangat banyak orang yang tidak mengetahui bahwa ada arloji yang beroperasi tanpa menggunakan sedikitpun energi listrik, apalagi komponen elektronika yaitu jam mekanis.

Untuk definisinya resminya, saya sendiri belum mencari, tapi dari hobi membongkar arloji mekanis, saya tau bahwa sebuah arloji mekanis bisa bergerak karena adanya energi yang berasal dari lentingan per yang digulung, lentingan itulah yang akan menggerakkan sebuah lingkaran kecil yang nantinya akan menggerakkan arloji mekanis tersebut.

Pertanyaan berikutnya bagaimana per sumber energi arloji mekanis itu bisa digulung, ada dua cara yaitu dengan cara memutar knop/crown/putaran jam (seperti kita memutar jam weaker jaman dulu), atau Automatis, yaitu arloji mekanis yang memiliki sebuah bandul berbentuk biasanya setengah lingkaran, bandul ini ada dibagian bawah jam tepat diatas tutup bawah jam, yang akan bergerak sesuai gravitasi setiap kita menggerakkan tangan, gerakan dari bandul ini yang akan menggulung per sumber energi arloji mekanis, sehingga untuk jam automatis, kita tidak perlu memutar putaran jam setiap hari, tinggal kita gunakan, maka energi/per akan tergulung secara automatis.

Keindahan lainya adalah bagaimana ratusan part dari arloji mekanis tersebut bisa bekerja sama dengan teratur secara konsisten, gear-gear yang sangat halus saling menggerakkan satu sama yang lain yang membuat arloji bisa bergerak menunjukkan waktu, dan bagaimana manusia melakukan perhitungan dengan tingkat presisi yang tinggi yang bisa membuat arloji menunjukkan waktu yang tepat??



Bisa dibayangkan tingkat kerumitan arloji-arloji yang memiliki fungsi banyak, semakin banyak fungsi-fungsi yang terdapat pada sebuah jam mekanis, itu berarti semakin banyak gear-gear dan part-part yang terdapat didalamnya dan semakin rumit juga kerjasama antara part-part itu, sebagai gambaran saja, jam mekanis paling rumit didunia yaitu PatekPhilippe calibre 89 memiliki total 1.728 part(artinya jika kita membongkar habis jam ini, maka ada 1.728 bagian yang kita dapatkan, jika salah pasang satu bagian saja, bisa dipastikan jam itu tidak akan berfungsi), semua part ini menciptakan 33 buah fungsi yang terdapat hanya pada satu jam!!!Sekarang coba bongkar jam baterai/jam quartz anda, dan....bandingkan.