07 March 2009

Geneva Seal




Geneva Seal adalah simbol/cap yang ditemukan pada mesin arloji-arloji tertentu dari Swiss, tidak semua arloji dari Swiss bisa mendapatkan simbol ini pada mesin buatan mereka, karena simbol ini merupakan tanda yang menunjukkan kesempurnaan dari sebuah jam mekanis dari sisi kualitas, ketepatan, ketahanan dan keahlian dalam ilmu jam.

Pada awalnya pemberian tanda ini dimulai tahun 1800-an saat pemalsuan arloji mulai menggejala pasar, tanda ini untuk memberikan tanda pada arloji-arloji yang sudah melewati pengecekan standar kualitas Swiss.

Dikemudian hari Geneva Seal menjadi sebuah tanda pencapaian kualitas tertinggi dari sebuah arloji, karena untuk mendapatkan tanda ini tidaklah mudah, hanya pabrikan arloji tertentu yang bisa memenuhi semua standar untuk mendapatkan simbol ini pada mesin jam mereka.

Ada 3 syarat dasar untuk memenuhi standar Geneva seal, seperti arloji itu harus mekanis dan dibuat, disetting di wilayah Geneva, setiap mesin harus memenuhi 12 peraturan teknis dan estetis yang sangat ketat, masuk didalamnya design mesin, karakteristik mesin dan kualitas produksi hingga finishing.
Mesin arloji tersebut harus mendapatkan persetujuan oleh sebuah komisi yang terdiri atas 8 orang yang sudah disumpah.



Sulitnya standar yang harus dipenuhi, mengakibatkan hanya beberapa pabrikan arloji yang bisa mendapatkan cap Geneva ini, dua diantaranya (mungkin kita sudah bisa menebak)Patek Philippe dan Vacheron Constantin, perusahaan lain hanya bisa memasukkan salah satu koleksinya atau kaliber tertentu dari buatan mereka dalam daftar Geneva Seal, diantaranya koleksi L.U.C dari Chopard dan Kaliber 9453 MC dari Cartier.



Yang menjadi catatan adalah cap Geneva ini secara tradisi hanya dibubuhkan pada mesin/movement arloji, bukan pada plat/dial, sehingga jika pada dial ada tulisan Geneva, itu bukan serta merta berarti arloji tersebut mendapatkan Geneva Seal, walaupun Vacheron Constantie juga memasang lambang Geneva Seal itu pada plat jam buatannya.

Selain itu walaupun Geneva Seal merupakan simbol dari kesempurnaan sebuah jam, bukan berati secara otomatis jam yang mendapatkan tanda ini juga Chronometer, karena ada lembaga khusus dan tes ketat yang berbeda harus dijalankan untuk mendapatkan sertifikat Chronometer.